Pembelajaran secara daring
Banyak kendala yang dihadapi guru,
orang tua, dan anak selama pembelajaran jarak jauh (PJJ)
1.Guru
a. Guru
kesulitan mengelola PJJ dan cenderung fokus pada penuntasan kurikulum.
b. Waktu
pembelajaran berkurang sehingga guru tidak mungkin memenuhi beban jam mengajar
c. Guru
kesulitan komunikasi dengan orang tua sebagai mitra dirumah
d. Guru juga sulit dalam mengatasi permasalahan siswa dalam
belajarnya,karena orang tua juga binggung.
2.Orang Tua
a. Tidak semua orang tua mampu mendampingi anak belajar di rumah
karena ada tanggung jawab lainnya (kerja, urusan rumah, dsb).
b. Kesulitan orang tua dalam memahami pelajaran dan memotivasi anak
saat mendampingi belajar di rumah
c. Keberatan dalam membeli paketan di sebabbkan karena kondisi
kurang mampu sehingga akan ada kendala dalam melaksanakan tugas
d. juga
tidak punya HP sehingga tidak dapat mengerjakan tugas
f. Banyak orang tua yang tidak bisa melihat peranan sekolah dalam
proses belajar mengajar apabila proses pembelajaran tidak dilakukan secara
tatap muka
-
3.Bagi Siswa
a. Siswa
kesulitan konsentrasi belajar dari rumah dan mengeluhkan beratnya penugasan
soal dari guru.
b. Peningkatan rasa stress dan jenuh akibat isolasi berkelanjutan
berpotensi menimbulkan rasa cemas dan depresi bagi anak.
c. karena orang tua belum tentu bisa mendapinggi anak dalam
pembelajaran sehingga orang tua tidak bisa bantu anak dalam pembelajaran sehingga menimbulkan kejenuhan dalam
belajarnya.
d. siswa akhirnya menjadi binggung dalam pembelajaran pada akhirnya
siswa malas belajar orang tua pun juga stress
e. Risiko putus sekolah dikarenakan anak “terpaksa” bekerja untuk
membantu keuangan keluarga di tengah krisis pandemi COVID-19
f. Perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh
dapat mengakibatkan kesenjangan capaian belajar, terutama untuk anak dari sosio-ekonomi
berbeda
g. Tanpa
sekolah, banyak anak yang terjebak di kekerasan rumah tanpa terdeteksi oleh
guru
Berikut adalah tips manajemen waktu selama pembelajaran jarak jauh:
1.
Menentukan skala prioritas
Agar tujuan pembelajaran terlaksana dengan baik, buatlah skala prioritas
dengan menetukan apa saja pelajaran yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
2.
Membuat daftar kegiatan
Setelah menentukan skala prioritas, selanjutnya adalah membuat daftar
kegiatan. Hal ini bertujuan agar semua kegiatan sudah terencana dengan baik.
3.
Menentukan waktu
Selain menentukan skala prioritas dan membuat daftar kegiatan, pelajar
perlu menentukan waktu di setiap kegiatannya. Alokasikan waktu sesuai dengan
beban tugas untuk membuat deadline kegiatan.
4.
Berlatih fokus
Terakhir adalah fokus. Kerjakan semua kegiatan yang ada dengan fokus,
sehingga kegiatan atau tugas dapat terselesaikan dengan cepat dan hasil yang
baik.
Itulah beberapa tips manajemen
waktu selama pembelajaran jarak jauh. Bagi kalian yang masih mengikuti kegiatan
pembelajaran jarak jauh dapat mengikuti tips di atas. Selamat mencoba!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar